ARTI PENTINGNYA ORGANISASI DAN METODE

Ada rangkaian yang dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka men­capai tujuan yang sah ditetapkan. Terlihat jelas betapa eratnya hubungan antara manajemen, orga­nisasi dan metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.

Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manajer) yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Kegiatan manajemen :

  • Planning(perencanaan) > sebuah kegiatan pemikiran yang dilakukan. hal ini sangat perlu dilakukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan sasaran sebuah organisasi.
  • Organizing (pengorganisasian) > proses pembagian susunan kerja dalam organisasi, penempatan tenaga kerja secara obyektif yang dilakukan demi perencanaan ,pelaksanaan dan pembagian kerja yang tepat.
  • Motivating (pendorong) > dilakukan untuk mendorong semangat kerja pegawai.
  • Controling (pengendalian) > hal ini sangat penting untuk mengetahui pekerjaan yang sudah dilaksanakan, hal ini juga perlu dilakukan untuk mengevaluasi dan mengkoreksi pekerjaan.


Empat hal tersebut tidak akan berjalan tanpa sumber sumber yang harus didayagunakan dengan tepat, sumber yg dimaksut adalah 6M . yaitu
  1. Manusia (tenaga kerja)
  2. Uang (money)
  3. Bahan-bahan (materealis)
  4. Mesin dan peralatan (mechine and aquipment)
  5. Tata kerja (methods)
  6. Pasar (markets)

Hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat di lukiskan seperti berikut :

Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelak sanaan kegiatan demi tercapainya tujuan

Tata kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia .


MANAJEMEN,ORGANISASI DAN TATA KERJA

Eratnya hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :

1. Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia
2. Organisasi : sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan.
3. Tata kerja : pola cara cara kegiatan tsb dilaksanakan sehingga tercapai secara efisien

0 komentar:

Posting Komentar